Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partai Berkarya Ancam Pecat Kader yang Tak Patuh Muchdi Pr

  • Oleh Teras.id
  • 01 Januari 2021 - 21:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Partai Berkarya mengingatkan jajaran kadernya untuk patuh pada kepemimpinan Muchdi Purwoprandjono.

Sekretaris Jenderal DPP Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan, peringatan ini disampaikan dalam rapat akhir tahun pada Ahad, 27 Desember 2020 yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Berkarya Muchdi Pr.

"DPP memberi warning kepada pengurus dan anggota DPRD yang masih dua kaki dan belum move on maka segera dipangkas dan diganti, sehingga tertib barisan di bawah kepemimpinan Muchdi Pr sebagai ketua umum dan Badaruddin Andi Picunang sebagai sekretaris jenderal," kata Badaruddin dalam keterangannya, Jumat, 1 Januari 2021.

Berkarya sempat mengalami konflik internal lantaran perebutan kursi ketua umum oleh kubu Muchdi Pr dan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Kubu Muchdi menggelar musyawarah nasional luar biasa yang dianggap inkonstitusional oleh kubu Tommy.

Kementerian Hukum dan HAM akhirnya mengesahkan kepengurusan yang didaftarkan kubu Muchdi melalui SK Kemenkumham RI Nomor M.HH-17.AH.11.01 tahun 2020 tanggal 30 Juli 2020.

Muchdi menjadi ketua umum, sedangkan Tommy terdepak dari partai yang didirikannya itu. Menurut Badaruddin, partai kini akan fokus mempersiapkan diri mengikuti Pemilu 2024. Demi target ini, dia mengatakan tak boleh ada lagi kader yang berdiri dua kaki.

"Hanya satu Partai Berkarya, tidak ada blok sana blok sini. Kita fokus pada Pemilu 2024," ujar Badaruddin.

Badaruddin mengatakan partai telah melaksanakan serangkaian rapat kerja nasional, bimbingan teknis anggota DPRD, rapat pimpinan nasional, pembentukan sayap utama partai yaitu Perempuan Partai Berkarya (PPB) dan Angkatan Muda Partai Berkarya (AMPB), pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah provinsi, menjadi pengusung dan pendukung Pilkada 2020. Partai juga sudah berpindah kantor ke Jalan Taman Margasatwa Raya Nomor 11, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Berkarya berkantor di Jalan Antasari Nomor 20, Cilandak, Jakarta Selatan. Pada 27 Desember lalu, DPP Berkarya juga menggelar Rapat Pimpinan Nasional I.

Badaruddin mengatakan Rampinas I merekomendasikan agar DPP Berkarya dengan wewenang penuh mereposisi kepengurusan di tingkat pusat, DPW provinsi, dan DPD kabupaten/kota.

Berita Terbaru