Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dermaga Desa Bagendang Rusak Parah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Januari 2021 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dermaga yang berada di Desa Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengalami kerusakan yang sangat parah. Bahkan sangat membahayakan jika dipaksakan digunakan.

Kerusakan tersebutpun sempat dikeluhkan masyarakat, karena walaupun jarang digunakan untuk dermaga penyebrangan.

Namun warga sering bersantai di dermaga tersebut. Sambil melihat pemandangan jembatan gantung, dan muara Sungai Sampit, yang berhubungan langsung dengan Sungai Mentaya.

"Memang sudah jarang digunakan untuk penyebrangan atau tambat perahu kelotok. Namun dermaga ini sering jadi tempat santai warga. Bahkan sering juga warga Sampit yang sengaja bersepeda kesini, dan datang untuk berfoto-foto," ujar Dian, warga desa, Senin, 04 Januari 2021.

Hal itupun tentunya menjadi sebuah keuntungan bagi masyarakat sekitar. Terutama bagi para pemilik warung di sekitaran dermaga tersebut. Sehingga, pihaknya berharap, dermaga itu bisa dikembangkan menjadi objek wisata.

Camat MHU Samsurijal mengatakan dermaga yang rusak tersebut awalnya tempat tambat kelotok, namun sudah lama tidak difungsikan, karena warga menggunakan dermaga yang lain.

"Dermaga itu sudah tidak difungsikan sekitar 5 tahun terakhir. Sehingga kondisi tiang keropos, ditambah abrasi. Hingga membuat kerusakan," terangnya 

Dia mengatakan dermaga ini bukan rusak karena ditabrak atau disengaja. Namun karena memang sudah termakan usia.

Dari pengakuan Samsurijal, sekarang kewenangan berkaitan dengan dermaga itu berada di desa. Namun karena pihak desa banyak fokus melakukan pembangunan yang lebih diprioritaskan, sehingga pihak desa belum sempat memperbaikinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru