Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pos Ronda Perlu Diaktifkan Kembali untuk Menjaga Keamanan Lingkungan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Januari 2021 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Abdoel Harris Jakin, berharap agar pos ronda atau sikamling di lingkungan kembali diaktifkan. Hal itu, sebagai langkah untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar, terutama dari tindak kejahatan. 

"Saya harap warga kembali aktif menggelar pos ronda. Karena manfaatnya sangat besar terhadap antisipasi tindakan kriminal," ujar Jakin, Selasa, 05 Januari 2021. 

Ia mengatakan, adanya pos kamling, sangat bermanfaat bagi lingkungan. Karena akan membuat pelaku kejahatan takut untuk melancarkan aksinya. Karena khawatir malah tertangkap oleh warga yang berjaga-jaga. 

Hal itupun akan membuat, keamanan dan situasi kamtibmas daerah akan terus terjaga. Tanpa ada gangguan yang dapat menimbulkan kekhawatiran masyarakat. 

"Pos ronda sangat penting untuk keamanan daerah. Meskipun saat ini di Kotim secara keseluruhan kamtibmas aman," kata Jakin. 

Dirinya mencontohkan beberapa daerah di Kecamatan Baamang, yang telah aktif melakukan ronda. Hal itu membuat motor warga aman, meskipun tidak di masukan ke dalam rumah atau garasi. Karena pos kamling mereka aktif. 

"Itu contoh kecil saja, karena sangat banyak manfaat lainnya," terang Jakin. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru