Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemekaran Provinsi Dinilai Bisa Untungkan Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Januari 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan adanya persepsi buruk untuk Kalteng tentang masalah pemekaran wilayah Kotawaringin menjadi sebuah provinsi, kalangan Anggota DPRD Kalteng menilai bahwa dengan adanya pemekaran tersebut bisa menguntungkan bagi Kalteng.

"Ada yang menyebutkan bahwa Kalteng akan terpuruk atau apalah semacamnya setelah Kotawaringin menjadi provinsi, saya rasa tidak demikian justru ini akan menguntungkan wilayah Kalteng," kata Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, H Achmad Rasyid. Jumat, 15 Januari 2021.

Dia menjelaskan, dengan adanya pemekaran wilayah tersebut beban APBD Kalteng justru akan berkurang dan pembangunan infrastruktur diwilayah setempat akan berkembang dengan pesat.

Dia menegaskan, jika dilihat dari aspek perekonomian maupun sumber daya yang dimiliki wilayah tengah serta timur Kalteng. Tidak kalah dengan wilayah barat yang menitik beratkan pada sumber daya perkebunan.

"Diwilayah timur Kalteng juga kaya akan perkebunan dan pertambangan, lalu diwilayah tengah perkebunan juga potensinya besar dan dapat dikembangkan, tinggal bagaimana cara memanfaatkannya saja sebagai pemasukan daerah," jelas Politisi Partai Gerindra ini.


Selain itu, Kalteng juga didukung dengan adanya program Food Estate. Tentu ini akan menjadi modal serta penunjang Kalteng untuk lebih maju, sehingga persepsi buruk tentang Kalteng akan terpuruk setelah Kotawaringin menjadi provinsi itu salah besar.

"Dengan adanya Food Estate, jelas Kalteng akan lebih maju dari pertanian maupun perkebunan, jadi warga Kalteng tidak perlu khawatir," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru