Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anjungan Dukcapil Mandiri Tersedia di MPP Huma Betang Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 19 Januari 2021 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya telah mengoperasionalkan Mall Pelayanan Publik (MPP) Huma Betang. Berbagai urusan pelayanan dan perizinan tersedia di MPP yang terletak di kantor DPM-PTSP, Jalan Yos Sudarso.

"Dinas Dukcapil juga menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di MPP Huma Betang," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, H Afendie, Selasa, 19 Januari 2021.

Namun ADM tersebut untuk sementara belum bisa dioperasionalkan karena pihak Dukcapil masih melakukan sosialisasi terlebih dahulu terutama berkaitan dengan cara penggunaan.

Sosialisasi itu sendiri sambung Afendie,  akan dilakukan melalui brosur-brusur dan banner yang ditempatkan pada kawasan publik termasuk area hotel, mall, pusat perbelanjaan,  perkantoran dan kawasan lainnya.

Cara kerja mesin ADM hampir mirip dengan ATM. Hanya saja, mesin ADM mengeluarkan dokumen kependudukan berupa KTP-el, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian dan KIA maupun data kependudukan lainnya.

“Sebagaimana layaknya mesin ATM perbankan, maka mesin ADM juga membutuhkan PIN untuk dapat mengoperasikannya," terang Afendie.

Keberadaan mesin ADM ini sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), dengan sistem birokrasi yang lebih ringkas kepada masyarakat Kota Palangka Raya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru