Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparat Gabungan di Kotawaringin Barat Gelar Simulasi Penanganan Bencana Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Januari 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Aparat gabungan dari Kodim 1014 Pangkalan Bun, Polres Kobar, Brimob, Lanud Iskandar, Kompi 631 Antang, Polairud, Basarnas, dan BPBD Kobar melaksanakan simulasi penanggulangan bencana banjir. Simulasi berlangsung di danau Jalan Pasir Panjang, Desa Sei Tendang, Kecamatan Arut Selatan, Minggu, 24 Januari 2021.

Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Arh Drajad Tri Putro melalui Pasi Ops, Letda Inf Suwaryo mengatakan, dalam latihan gabungan sejumlah peralatan yang turut digunakan seperti truk, ambulans, motor trail, LCR atau perahu karet, pelampung, dan alat selam.

Adapun simulasinya mulai pengantaran logistik ke daerah yang terdampak banjir atau terisolir, pertolongan bagi korban banjir yang terjebak, hingga proses pencarian terhadap korban.

"Kami lakukan simulasi penanganan bencana banjir ini, mengingat musim hujan dengan intensitas tinggi sudah tiba. Untuk itu, tim gabungan harus siap melakukan penanganan dan penyelamatan korban jika terjadi banjir," kata Suwaryo.

Suwaryo menginformasikan, di Kabupaten Kotawaringin Barat rawan terhadap bencana banjir. Hampir setiap tahun pemukiman warga daerah pinggiran Sungai Arut terendam banjir. Untuk itu, perlu kesiapsiagaan bencana dari seluruh instansi, organisasi, dan komponen masyarakat.

"Kesiapsiagaan bencana harus on time atau tepat waktu, kita senantiasa peka terhadap lingkungan sekitar. Kesiapsiagaan ini harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan terdekat," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru