Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan BPD Tergantung Kesiapan Desa dan Kecamatan di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 25 Januari 2021 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan, Mario menyebutkan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tergantung kesiapan kecamatan dan desa.

"Jadwal pemilihan BPD belum kita ditetapkan, sebab semuanya itu tergantung dari kesiapan kecamatan dan desa itu sendiri," katanya, Senin 25 Januari 2021.

Pihaknya akan melimpahkan kepada pihak kecamatan dan desa untuk menyusun jadwal pelaksanaan pemilihan  BPD.

Camat berkoordinasi dengan desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD untuk menentukan jadwal tanggal pelaksanaan pemilihan.

Setelah mereka menentukan kapan tanggal pelaksanaannya, pihaknya menjadwalkan dan melaporkannya kepimpinan terkait jadwal sesuai kesepakatan antara pihak kecamatan dengan desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD tersebut.

Sesuai aturannya, DSPMD hanya memfasilitasi dan untuk menentukan kapan jadwal pelaksanaannya berada dipihak desa dan kecamatan.

Jumlah desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD pada 2021 ini ada 65 desa dan pemilihannya tidak dilaksanakan secara serentak dan sesuai surat Mendagri yang terbaru bahwa pemilihan BPD pada tahun 2021 ini disesuaikan dengan zona.

Bila masuk zona merah penyebaran COVID-19, maka akan dilaksanakan pemilihan menggunakan sistem keterwakilan, namun apabila zona hijau boleh dilaksanakan pemilihan secara langsung.

Persiapan pemilihan anggota BPD sebenarnya sudah matang, karena panitia pemilihan disetiap desa yang akan melaksanakan pemilihan sudah terbentuk pada 2020. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru