Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

10.000 Ternak Bebek untuk Dukung Food Estate di Pulang Pisau

  • Oleh Asprianta
  • 27 Januari 2021 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam rangka mendukung Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate, Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau (Distan Pulpis) dalam waktu dekat ini akan mendistribusikan sebanyak 10.000 ternak bebek jenis Mojo Sari kepada 20 kelompok calon penerima. Masing-masing kelompok ternak akan penerima 500 ekor ternak bebek.

“Ini program kementerian, yang merupakan kelanjutan dari Presiden RI Joko Widodo. 10.000 ternak bebek ini adalah paket lengkap. Para penerima tidak hanya menerima bebeknya, tetapi akan dibantu pakan, obat-obatan dan bahkan dibuatkan kandangnya langsung,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis Slamet Untung Rianto melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatatan Hewan Ibrahim, Rabu, 27 Januari 2021.

Seluruh bantuan ini diberikan untuk mengurangi beban kelompok ternak dimasa Pandemi, sekaligus mendukung program skala prioritas yang digagas pemerintah Pusat.

“Harapan kita ke depan, Kabupaten Pulpis menjadi sentra ternak bebek dan penghasil telur,” ucapnya.

Tahun sebelumnya, kata Ibrahim, di Pulpis sudah berjalan untuk distribusi ternak bebek ini kepada 10 kelompok dan sudah dilaksanakan di Desa Tahai Jaya, Tahai Baru, Desa Pantik, Desa Sanggang dan Desa Belanti Siam. 

Sepuluh kelompok ini sudah mulai produksi dan mampu memenuhi kebutuhan desanya.

Sebelum ternak bebek itu didistribusikan kepada 20 kelompok, terlebih dahulu diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) singkat tata cara pemeliharaan ternak.

“Untuk para penerima kelompok ini sudah kita seleksi, dan hari ini dilanjutkan lagi oleh Tim Kementerian melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul, di Pelaihari, dan terbagi dua kelompok tim verifikasi,” ungkapnya.

Ibrahim mengharapkan, dengan adanya bantuan ternak bebek itu dapat membantu penghasilan masyarakat terutama di tengah pandemi Covid-19. (ang)

Berita Terbaru