Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Katingan Bakal Tambah Lokasi TPS

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Januari 2021 - 23:40 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Dengan semakin banyak permukiman,  terutama di wilayah Kasongan dan sekitarnya menyebabkan folume sampah rumah tangga setiap harinya terus meningkat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan Hap Baperdo, Rabu,  27 Januari 2021 mengatakan,  dengan semakin banyaknya volume sampah di setiap tempat pembuangan sampah atau TPS tersebar di sejumlah sudut Kota Kasongan dan Kereng Pangi,  maka pihaknya bakal melakukan penambahan lokasi TPS itu. 

"Tahun 2021 ini memang sudah kita programkan terkait dengan penambahan lokasi TPS itu baik di Kasongan maupun di Kereng Pangi, " ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan,  Hap Baperdo. 

Ia mengatakan,  sejauh ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah rumah tangga di TPS sudah ada peningkatan dibanding sebelumnya. 

Namun,  kata dia untuk TPS yang ada sebenarnya hanya diperuntukkan sebagai tempat membuang sampah rumah tangga saja. 

Akan tetapi tidak jarang ditemui di beberapa TPS menumpuk sampah batang kayu,  ranting kayu dan daun dari tanaman pohon buah milik warga. 

"Petugas sering menemukan sampah batang kayu ini yang sengaja dibuang oleh warga di sekitar TPS,  sehingga petugas kesulitan untuk membawa ke tempat pembuangan akhir,  sebab TPS ubu sebetulnya peruntukkannya hanya untuk sampah rumah tangga bukan batang kayu belas pohon buah itu, " katanya. 

Untuk itu ia mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah batang kayu ini di sekitar TPS. 

Bahkan dirinya meminta petugas jika mengetahui ada warga yang membuang sampah batang kayu ini untuk meminta ongkos angkut kepada yang bersangkutan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru