Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gotong Royong Warga Desa Keraya Bangun Tanggul Darurat Atasi Abrasi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Februari 2021 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Beberapa hari terakhir kondisi cuaca kurang bersahabat terjadi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sehingga membuat gelombang air laut dan menyebabkan pengikisan pantai atau abrasi di kawasan pantai. Salah satunya terjadi di Desa Keraya, Kecamatan Kumai.

Dalam rangka mengantisipasi semakin meluasnya penggerusan di pinggir pantai tersebut, masyarakat Desa Keraya gotong royong, membangun tanggul dengan karung berisi pasir.

Kepala Desa Keraya Suharmalik mengatakan, bahwa warga didesannya melakukan gotong royong, membuat tanggul darurat sementara dibibir pantai, tepatnya dibelakang 7 rumah warga yang terancam ambruk karena abrasi.

"Hal ini kita lakukan, karena sejumlah bagian belakang rumah warga sudah ada yang rusak tersapu ombak, paling tidak ini sedikit mengurangi ancaman gelombang tinggi saat air laut pasang," kata Suharmalik, Senin, 1 Februari 2021.

Suharmalik menyampaikan, bahwa bantuan 20 rit pasir dari Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, dimasukkan kedalam karung, selanjutnya karung berisi pasir itu dijejerkan di pinggiran pantai yang ada pemukiman warganya.


"Kemarin kita sudah mulai gotong royong dan dilanjutkan hari ini. Bantuan 20 rit pasir dari Wabup ternyata masih kurang sekitar 5 rit," ungkapnya.

Suharmalik menyampaikan, bahwa situasi terkini masih bersahabat dan aman terkendali. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru