Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sukamara Bisa Manfaatkan Jasa Kutip Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 02 Februari 2021 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesmana menyarankan masyarakat yang tidak ingin membuang sampah ke TPS Kawasan, maka bisa memanfaatkan jasa kutip sampah.

Petugas jasa kutip sampah merupakan kelompok swadaya masyarakat yang sudah difasilitasi DLH Sukamara. 

"Saat ini kita sudah mengarahkan masyarakat untuk membung sampah di TPS Kawasan. Tetapi kalau warga mau sampahnya diambil ke rumah, bisa menggunakan jasa kutip," kata Rendy Lesmana, Selasa, 2 Februari 2021.

Rendy menjelaskan, jasa kutip tersebut bukan berasal dari pramusaji bekersihan, melainkan kelompok swadaya masyarakat di masing-masing RT, desa, dan kelurahan.

"Contohnya seperti di Desa Natai Sedawak, jasa kutipnya sudah sejak tahun lalu. Jadi sampah-sampah rumah tangga diambil di masing-masing rumah," jelasnya.

Rendy menegaskan, masyarakat tidak diwajibkan untuk memakai jasa petugas kutip sampah tersebut. Tetapi apabila ingin membuang sampah, maka harus langsung ke TPS kawasan.

"Retribusi sampah yang dikenakan sesuai dengan perda adalah kewajiban membuang sampah di TPS kawasan," ujarnya. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru