Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Singkong Program Lumbung Pangan Tidak Bisa Dikonsumsi Langsung

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Februari 2021 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ubi Singkong dari perkebunan program lumbung pangan di Kabupaten Gunung Mas nantinya tidak dapat dikonsumsi langsung karena harus melalui proses pengolahan. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kalimantan Tengah (Kalteng), Sunarti mengatakan, jenis ubi kayu yang ditaman memang memiliki peruntukan khusus.

“(Singkong) yang ditanam ini varietas UJ 5. Ini untuk diolah menjadi tepung atau bio etanol karena ini pahit tidak bisa kita konsumsi,” sebut Sunarti, Rabu, 3 Februari 2021.

Tetapi, Sunarti menjelaskan, tepung olahan dari singkong tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat mie.

Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, varietas UJ 5 bisa memberikan hasil umbi rata-rata 36 ton perhektare.

Varietas ini memiliki rentang umur panen antara 8 sampai 10 bulan. Memiliki kadar berat kering 36,75 persen, memiliki rasa pahit dengan warna umbi putih.

Singkong jenis ini juga dipercaya tahan terhadap penyakit hawar bakteri ubi kayu atau cassava bacterial blight (CBB) serta cocok untuk tanah bertekstur ringan. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru