Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UN Ditiadakan, Indikator Kelulusan Peserta Didik Mengacu US Tahun Lalu

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Februari 2021 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan ditiadakannya Ujian Nasional (UN) yang telah resmi dihapus oleh Kemendikbud pada tahun 2021 ini, maka indikator penentu kelulusan peserta didik tetap mengacu pada ketentuan Ujian Sekolah (US) tahun lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Disdik Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP), Muhamad Aswani. Rabu, 3 Februari 2021.

"Teknisnya akan tetap sama dengan tahun lalu, dilakukan secara daring agar tidak mengumpulkan peserta didik di tengah pandemi," kata Asnawi.

Dia mencontohkan, untuk mengukur kelulusan peserta didik tingkat SMP sederajat, maka ditentukan berdasarkan nilai rapor, portofolio dan nilai praktik, serta ditambah nilai-nilai semester sebelumnya.

"Tentu kelulusannya tetap ditentukan oleh satuan pendidikan itu sendiri melalui rapat dewan guru," jelasnya.

Dia menerangkan, hal itu dilakukan lagi pada tahun 2021 ini karena untuk menjaga keamanan dan kesehatan peserta didik di tengah pandemi covid-19.

"Oleh karenanya, UN dihapus dan diganti dengan Asesmen Nasional (AN), atau yang biasa kita kenal dengan US," tuturnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru