Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menko Perekonomian: Pers Cerdas, Rakyat Cerdas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Februari 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengatakan pers yang cerdas akan menghasilkan rakyat yang cerdas.

"Komoditas sawit merupakan satu-satunya sektor yang tidak terdampak oleh pandemi Covid-19 sehingga karyawannya juga tentu tidak terdampak. Namun masih saja kelapa sawit sering kali mendapat pemberitaan yang negatif, terutama dalam isu lingkungan. Nah dalam hal ini, pers harus bersikap cerdas karena pers yang cerdas akan menghasilkan rakyat yang cerdas terhadap berbagai perspektif," kata Airlangga pada Sabtu, 6 Februari 2021.

Hal tersebut disampaikan Airlangga Hartarto saat menjadi Keynote Speach dalam Webinar Nasional dalam rangka Hari Pers Nasional bertajuk "Peran Kelapa Sawit Terhadap Pembangunan Ekonomi Nasional".

Membawa materi mengenai Strategi dalam Membangun Simpati Pasar Global Terkait Industri Kelapa Sawit RI, Menteri Perekonomian menegaskan bahwa kontribusi kelapa sawit atas perekonomian Indonesia sangatlah besar.

Hal yang sama juga disampaikan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Eddy Abdurachman. Membawa materi Kontribusi Sawit Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional, Eddy mengatakan pemberitaan negatif masih menyerang industri kelapa sawit.

"Akibat pemberitaan negatif pada industri kelapa sawit, harga kelapa sawit sempat anjlok. Padahal dari produksi sawit dunia yang sebanyak 64 juta ton itu, Indonesia menghasilnya 35 juta ton di antaranya. Artinya, 40 persen dari produksi dunia dihasilkan di Indonesia," tuturnya.

Maka dari itu, ketika ada penyerangan terhadap industri kelapa sawit, secara tidak langsung terjadi penyerangan terhadap industri di Indonesia juga.

"Indonesia menguasai industri kelapa sawit ini dari bahan baku sampai produk akhir sehingga ada kecemburuan dari produsen minyak nabati lainnya kepada kelapa sawit," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru