Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Pers Imbau Manajemen Komunikasi Industri Kelapa Sawit Ditingkatkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Februari 2021 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun mengimbau agar manajemen komunikasi industri sawit ditingkatkan. Ia menjelaskan selama ini dewan pers menuntut media bersikap kritis termasuk kepada industri sawit, jika selama ini pemberitaan yang banyak muncul terkait industri sawit ialah hal negatif maka perlu ditinjau dari aspek suplai data yang ada. Selama ini media kemungkinan mendapat informasi yang kurang seimbang.

"Saya pikir ada dua hal yang terjadi dari kasus industri sawit ini seperti teman wartawan mendapat banyak informasi yang kadarnya negatif dibanding positif, bisa dilakukan misalnya dengan mengajak wartawan ke pelosok perkebunan melihat keberhasilan sawit kemudian semua aspek ini yang saya kira BPDPKS harus langsung berhadapan lah dengan wartawan apa yang harus disiapkan agar teman teman wartawan mendapat informasi yang berimbang," kata Hendry kemarin.

Hal tersebut disampaikan oleh Hendry Ch Bangun saat menjadi pembicara dalam webinar peringatan Hari Pers Nasional yang diselenggarakan PWI Pusat dengan tema "Peran Kelapa Sawit Terhadap Pembangunan Ekonomi Nasional".

Terkait kesinambungan antara industri dan media, Hendry mengharapkan agar industri dan media saling menopang demi kebangkitan ekonomi, kesejahteraan rakyat dan media sendiri.

"Kita bisa juga mencontoh di Thailand misalnya saat industri pariwisata nasional di sana menurun, media bahu membahu menaikkan pamor wisata mereka sebab ketika wisata menurun, iklan dari industri ini pun juga hilang. Mungkin di industri sawit ini bisa pula dicontoh," tambah Hendry.

Sementara itu Menteri Koordinator atau Menko Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pers yang cerdas akan menghasilkan rakyat yang cerdas.

"Komoditas sawit merupakan satu-satunya sektor yang tidak terdampak oleh pandemi Covid-19 sehingga karyawannya juga tentu tidak terdampak. Namun masih saja kelapa sawit sering kali mendapat pemberitaan yang negatif, terutama dalam isu lingkungan. Nah pers, dalam hal ini, harus bersikap cerdas karena pers yang cerdas akan menghasilkan rakyat yang cerdas terhadap berbagai perspektif," kata Airlangga kemarin dalam kegiatan yang sama. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru