Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Capaian Imunisasi Dasar Kalteng Turun Selama Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Februari 2021 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup berarti terutama pada minat orang tua dalam melaksanakan imunisasi dasar lengkap pada anak. 

Hal ini terlihat dari penurunan angka capaian imunisasi dasar sebesar 16 persen jika dibandingkan dengan angka capaian sebelum terjadi wabah Covid-19.

“Sebelum pandemi, persentase orangtua dalam imunisasi dasar cukup tinggi 92 persen. Namun setelah adanya pandemi angka tersebut turun menjadi 76 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Yaesar Wawan,  Senin, 8 Februari 2021.

Wawan mengakui, sebenarnya jika dilihat kesadaran masyarakat terkait pentingnya imunisasi sebagai langkah mencegah potensi penyakit pada anaknya cukup bagus.

“Kesadaran masyarakat untuk imunisasi di Kalteng ini bisa dibilang bagus. Tetapi, untuk saat ini sebagian orang tua merasa khawatir jika harus datang ke pusat layanan kesehatan, baik posyandu atau puskesmas,” sebut Wawan.

Wawan menjelaskan, imunisasi dasar penting untuk masa depan anak, membuat anak menjadi lebih tahan terhadap penyakit. Terutama penyakit yang diimunisasikan seperti hepatitis, campak dan imunisasi dasar lainnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru