Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Dorong Fasilitas Kesehatan Optimalkan Imunisasi Dasar

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Februari 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong fasilitas kesehatan untuk melakukan jemput bola dalam melaksanakan imunisasi dasar.

“Kami menerapkan program jemput bola. Petugas baik posyandu atau puskesmas yang ada di seluruh Kalteng mendatangi rumah masing-masing warga yang telah didata sebelumnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi, Yaesar Wawan, Senin, 8 Februari 2021.

Wawan menerangkan, langkah tersebut diambil untuk meningkatkan kembali capaian imunisasi dasar untuk anak selama pandemi covid-19.

“Walaupun sebenarnya kesadaran masyarakat sudah cukup bagus terkait imunisasi, keadaan pandemi seperti saat ini membuat orangtua menjadi ragu untuk mengimunisasikan anaknya ke posyandu ataupun puskesmas,” tutur Wawan.

Wawan menilai upaya jemput bola sebenarnya sudah sering dilakukan. Dan itu disesuaikan dengan inovasi dari setiap puskesmas. 

“Selama pandemi para petugas juga dilengkapi dengan APD lengkap level tiga, sebagai upaya pencegahan terjadinya penularan Covid-19,” jelasnya.

Ia menegaskan setiap imunisasi dasar mulai dari polio, BCG, hepatitis, influenza, tetanus, dan lain sebagainya itu, diberikan secara gratis dari pemerintah kepada masyarakat. 

“Jika imunisasi lewat posyandu atau puskesmas gratis, beda lagi kalau melalui klinik swasta ya pasti bayar,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru