Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Pemulihan Ekonomi Disperindagkop Pulang Pisau Tetap Berlanjut

  • Oleh Asprianta
  • 10 Februari 2021 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya mengatakan, program pemulihan ekonomi di Disperindagkop tahun 2021 tetap dilaksanakan.

Program pemulihan ekonomi, kata Elieser, tahun ini tidak lagi dalam satu anggaran khusus, tetapi diserahkan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjalankan programnya.

“Untuk pemulihan ekonomi melalui kantor kita, tahun ini khusus peningkatan sumber daya pelaku usaha, melalui pelatihan-pelatihan dan juga stimulus untuk peserta yang mengikuti pelatihan nantinya,” ucap Elieser.

Sedangkan bantuan untuk UMKM tunai, yang tahun 2020 lalu dilaksanakan penyalurannya, maka pada 2021 ini sudah tidak lagi dilaksanakan.

Untuk pelatihan pelaku usaha pada tahun ini, kata Elieser, nantinya dari Disperindagkop akan membagi peserta dan akan diatur per kecamatan melalui koordinasi dengan pihak kecamatan sesuai dengan kebutuhan kuota tahun ini.

“Untuk peserta di setiap kecamatan itu ada perwakilannya, dan yang jelas, setiap peserta di masing-masing kecamatan itu adalah mereka yang mempunyai potensi,” kata Elieser.

Dicontohkan Elieser, seperti pelatihan desain dan pola untuk peserta penjahit, maka pihaknya akan memberikan jatah kepada masing-masing kecamatan untuk mengirimkan pesertanya.

“Untuk itu, akan ada kuota yang dibutuhkan berapa di masing-masing kecamatan, sebab kita tidak bisa mengakomodir keseluruhan,” ungkapnya.

Pelatihan bagi pelaku usaha ini, lanjut Elieser, diharapkan bagi kelompok atau perorangan yang dikirimkan oleh kecamatan itu, bisa mengembangkan usahanya selain untuk kebutuhan ekonomi kelompok atau keluarganya, juga bisa membantu masyarakat.

“Paling tidak, para pelaku usaha yang mengikuti pelatihan ini, harapan kita, setelah mengikuti pelatihan, ia bisa mempraktikkan di masing-masing kecamatannya dan bisa mengembangkan usahanya,” harap Elieser.

Berita Terbaru