Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Udang Galah di Sampit Masih Tinggi Membuat Daya Jual Rendah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Februari 2021 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga udang galah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini masih tinggi sehingga membuat daya beli masyarakat rendah, sehingga harus dijual ke luar daerah. 

"Kalau di Sampit, penjualan udang galah masih rendah. Karena harga jual masih tinggi, bahkan melebihi harga daging sapi," ujar nelayan udang Zulfikar, Kamis 18 Februari 2021. 

Dia mengatakan harga udang galah besar atau grade A di Sampit yakni Rp 150 ribu per Kg, sedangkan grade B Rp 120 ribu per Kg, dan grade C Rp 100 ribu per Kg.

Harga ini terbilang masih tinggi. Bahkan dibandingkan harga daging sapi. Apalagi, kalau beli udang grade A, maka dalam 1 kg hanya mendapatkan sekitar 3 ekor saja. 

"Itulah kenapa penjualan udang galah masih sulit serapannya di Sampit," katanya. Dia menerangkan, tingginya harga udang galah disebabkan operasional mencarinya cukup mahal.

Belum lagi resiko nelayan, karena saat ini ancaman buaya menjadi kendala utama yang dihadapi. "Kami mencari udang galah tersebut dengan cara ke sejumlah muara anak Sungai Mentaya. Itupun cukup sulit mendapatkannya," terangnya. 

Pihaknya saat ini lebih banyak memasarkan hasil tangkapan ke luar daerah agar bisa menjual hasil tangkapan dan tidak mengalami kerugian. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru