Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Koordinasi dengan PUPR Pulang Pisau Atasi Banjir Gandang Barat

  • Oleh Asprianta
  • 18 Februari 2021 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Dalam rangka mengatasi Banjir yang menimpa Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) beberapa waktu terakhir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat turun lapangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pulpis Salahudin, saat dikonfirmasi, Kamis (18/02/2021) via WhatsApp.

"Ya personil kita berkoordinasi dengan DPUPR saat ini sudah turun kelapangan selain membantu evakuasi korban, juga untuk mengecek penyebar banjir," ucap Salahudin.

Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya banjir yang melanda Desa Gandang Barat itu disebabkan oleh penyumbatan irigasi dan penyempitan beberapa saluran  primer.

Oleh karena itu harapan dengan koordinasi bersama DPUPR Pulpis datan mencegah banjir di Desa tersebut tidak terulang lagi.

"Kita ingin memastikan penyebar banjir. Agar banjir tidak terulang lagi kedepannya," katanya.

Dikabarkan akibat tingginya intensitas curah hujan sejak Senin (15/2/2021) lalu mengakibatkan sebanyak 250 pemukiman penduduk dari 13 RT atau sekitar 900 jiwa di Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau mengalami kebanjiran.

"Ya, mas dari kemaren desa terendam banjir," ucap Kepala Desa Gandang Barat Haryono

Menurut Haryono selain disebabkan oleh curah hujan yang tinggi selama tiga hari berturut-turut, ada penyebab lainnya seperti penyumbatan irigasi di perusahaan perkebunan kelapa sawit serta penyempitan beberapa saluran  primer.

Akibatnya, semua penjuru saluran mengalir ke arah saluran primer di desa setempat.Dikatakan Haryono saat ini ketinggian debit air sudah mencapai 65 centimeter.

Berita Terbaru