Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Barito Selatan Berupaya Naikan Akreditasi Fasilitas KIR

  • Oleh Uriutu
  • 18 Februari 2021 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Perhubungan (Dishub) Barito Selatan berupaya menaikan akreditasi fasilitas KIR dari C menjadi B. Demikian disampaikan Kepala Dishub Barsel, Daud Danda kepada Borneonews, Kamis, 18 Febuari 2021.

“Saat ini akreditasi kita C, tapi kita terus berupaya menaikan akreditasinya agar menjadi B,” kata Daud Danda.

Ia mengatakan, agar bisa menaikan akreditasi tersebut pihaknya mengusulkan ke Kementerian Perhubungan. Saat ini, lanjut dia, pihaknya hanya memiliki 5 alat untuk menguji kendaraan bermotor atau KIR, alat uji rem ada 2 macam untuk semua jenis kendaraan bermotor, alat uji emisi ada 2 macam, dan alat pengujian lampu.

“Dengan adanya 5 alat ini telah di kalibrasi oleh UPTD Balai pengelolaan transportasi darat, sehingga kita telah memenuhi syarat sertifikasi atau akreditasi C,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa peralatan lagi yang harus dipenuhi untuk bisa naik kelas menjadi akreditasi B. Oleh sebab itu, pihaknya terus berupaya agar alat-alat tersebut dapat terpenuhi.

Saat ini, pihaknya masih kekurangan alat pengujian kendaraan bermotor  yakni side slip tester untuk mengecek kelurusan roda kendaraan dan mengukur slip samping roda kendaraan.

Selain itu, alat ini juga sebagai penunjang agretasi atau kenaikan tipe. Saat ini masih tipe C, namun jika ada alat ini akan naik menjadi tipe B.

"Dengan alat ini dapat mengetahui kondisi ban aus atau penyetelan kelurusan roda,” jelas dia.

Dia menambahkan, yang perlu didapatkan segera yakni peralatan terintegrasi dengan pusat saat melakukan pengujian. “Berdasarkan surat dari Kementerian bahwa apabila Dinas perhubungan tidak memiliki alat sistem terintegrasi ke pusat untuk sementara di-setopkan,” beber dia.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berupaya semaksimal mungkin supaya mendapatkan peralatan sistem integrasi dengan pusat paling lambat pada tahun 2021 ini. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru