Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Karhutla, BPBD Kobar akan Datangkan Helikopter Water Bombing

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Februari 2021 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah mendeteksi adanya peningkatan kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk itu pihaknya akan mendatangkan helikopter water bombing untuk mendukung penanganan Karhutla.

Plt Kepala BPBD Kobar, Tengku Ali Syahbana mengatakan cuaca terik beberapa hari ini telah terjadi peningkatan Karhutla, dengan kejadian di kawasan hutan produksi (HP) lahan gambut, lokasinya susah untuk dijangkau.

"Melihat titik kepala kebakaran yang sulit dijangkau melalui jalur darat, maka satu - satunya cara kita masuk kesana menggunakan helikopter water bombing. Hal itu sedang kita upayakan dengan bermohon ke pusat," kata Ali, Jumat, 19 Februari 2021.

Ale sapaan akrabnya menjelaskan untuk mendatangkan helikopter water bombing ke Kobar, perlu adanya penetapan status kebencanaan. Sementara ini status di Kobar masih siaga bencana banjir.

"Kalau tidak ditetapkan status Siaga Karhutla, kita tidak akan bisa datangkan Helikopter nya. Kita akan rapatkan ini bersama stakeholder terkait, untuk penetapan status Karhutla di Kobar," ungkapnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, bahwa dalam penetapan status bencana bisa berbarengan. Artinya dalam satu wilayan bisa menetapkan siaga bencana cauaca ekstream dan Karhutla.

"Kami sudah koordinasikan ke pusat juga, bahwa penetapan status itu bisa bergandengan meskipun saat ini masih fokus cuaca ekstream, namun Karhutla tetap kita pantau," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru