Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaringan Diskominfosantik Kalteng Gunakan Fiber Optik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Februari 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfosantik) mengungkapkan, jaringan fiber optik sudah terbangun di 7 kabupaten.

Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (DiskominfoSantik), Agus Siswadi mengatakan jaringan tersebut digunakan untuk komunikasi lokal dan pengiriman data.

"Jaringan tersebut gunanya untuk menghidupkan cctv yang dari daerah yang ada di 7 kabupaten. Termasuk juga untuk kepentungan lain sehari-hari, seperti Video Conference dan sebagainya," kata Agus Siswadi, Senin, 22 Februari 2021.

Agus menjelaskan, jaringan tersebut tidak tergantung dengan inteenet karena bersifat lokal. Pengelolaan bandwidth juga dilakukan secara berkesinambungan oleh tiga perusahaan.

Angka bandwidth juga selalu disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki daerah. Sedangkan untuk tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp 300 juta untuk 6 bulan.

"Fiber optik ini bahkan sampai ke Kalawa Atei Bukit Rawi. Bandwidth mencukupi karena ada perusahaan Icon, Telkom dan satu lagi perusahaan lainnya yang selalu saling mengisi serta backup dengan tugasnya masing-masing," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru