Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Minta Pulang Pisau Cegah Karhutla Sejak Dini

  • Oleh Asprianta
  • 24 Februari 2021 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Edy Pratowo hadir bersama Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Danrem 102/Pjg, Kapolda Kalteng serta beberapa Gubernur dan pejabat TNI/Polri yang merupakan utusan daerah rawan Karhutla di Indonesia.

Bupati hadir secara langsung di Istana Negara untuk mendengarkan pengarahan Presiden RI terkait Dalkarhutla.

Di level Bupati, hanya tiga bupati se-Indonesia yang diperkenankan hadir secara langsung di Istana Negara, sedangkan lainnya hanya mengikuti melalui virtual.

Usai mengikuti Rakornas, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengatakan, presiden menekankan agar mempersiapkan upaya pencegahan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan yang setiap tahun berpotensi terjadi di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Hari ini kita mengikuti Rakornas bersama Bapak Presiden, dan beliau menekankan beberapa hal terkait persiapan kita untuk melakukan upaya pencegahan dini terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita, sebab mencegah lebih baik daripada mengatasi,” ucap Edy di halaman Istana Negara.

Kemudian, lanjut Edy, presiden juga mengingatkan bahwa upaya-upaya monitoring, edukasi agar terus dilakukan kepada masyarakat.

“Beliau sangat menekankan agar kita memprioritaskan upaya pencegahan Karhutla ini,” ungkapnya.

Untuk melakukan upaya pencegahan ini, kata Bupati Edy, perlu juga diketahui kapan Karhutla itu terjadi.

“Saya kira, langkah-langkah dan tahapan-tahapan dan kita harus menghitung juga kapan klimaks tingginya Karhutla itu, panasnya, kemaraunya, jadi harus diperhitungkan, intinya Bapak Presiden menekankan agar Karhutla di tahun 2021 ini dapat diatasi sebaik mungkin,” kata Edy.

Berita Terbaru