Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Sampah di Palangka Raya Capai 130 Ton per Hari

  • Oleh Hendri
  • 26 Februari 2021 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan estimasi produksi sampah di kota setempat saat ini mencapai 130 ton per hari.

"Setiap orang menghasilkan 0,4 sampai 0,5 kilogram sampah rumah tangga per hari dari total penduduk 270 ribu sehingga totalnya sekitar 130 ton sampah setiap hari," kata Zaini, Jumat 26 Februari 2021.

Itu juga merupakan perhitungan kasar dari total sampah yang mampu dihasilkan termasuk jenis limbah rumah tangga, limbah industri dan limbah-limbah lainnya.

Zaini menambahkan permasalahan sampah bila tidak segera diantisipasi maka dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari.

Sebab seiring bertambahnya jumlah penduduk setiap tahunnya, maka akan bertambah pula jumlah produksi sampah. Terlebih keterbatasan ketersediaan tempat pemrosesan akhir (TPA) akan menyebabkan overloadnya sampah.

Untuk itu pihaknya berusaha semaksimal mungkin mensosialisasikan upaya meminimalisir produksi sampah yakni dengan 3 R (reduce, reuse, recyce) yakni mengurangi, penggunaan kembali dan daur ulang. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru