Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Siagakan 8.312 Personel Hadapi Potensi Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Maret 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyiapkan sekitar 8.312 personel untuk menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalteng.

“Pada hari ini, dalam momen Apel Siaga ini, Provinsi Kalimantan Tengah siap mengerahkan personel sebanyak 8.312 orang,” ungkap Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran di halaman Kantor Gubernur, Kamis, 4 Maret 2021.

Sugianto mengatakan, jumlah tersebut merupakan tim gabungan dari lintas sektoral mulai dari TNI, Polri, BPBD, Dinas Kehutanan, Brigdalkar KPH, Manggala Agni, MPA, TSAK, BPK dan Tagana.

Selain itu, didukung juga dengan rencana operasi udara melalui usulan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang pembiayaannya ditanggung dari dana APBD Provinsi Kalteng melalui Belanja Tak Terduga (BTT).

“BTT kita mencapai Rp 100 miliar, serta Dana Tugas Pembantuan Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” tandasnya.

Sugianto juga mengapresiasi sinergisitas semua lini baik pemerintah, TNI-Polri, lembaga usaha, masyarakat, akademisi dan media yang berhasil menekan karhutla dari tahun ketahun belakangan ini.

“Tahun 2019 luas lahan terbakar adalah berjumlah 13.099,21 Ha dan menurun pada tahun 2020 menjadi seluas 787,96 Ha. Berhasil turun sebanyak 12.311 Ha. Semoga di Tahun 2021 dan seterusnya kita dapat mewujudkan komitmen dan target bebas kabut asap,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru