Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damang Jekan Raya Imbau Masyarakat Minimalkan Potensi Kabut Asap

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Maret 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Damang Jekan Raya Kardinal Tarung mengajak masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk tidak menimbulkan kabut asap jika melakukan pembukaan lahan. 

Pasalnya, Ia menilai hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang berbahaya untuk masyarakat sendiri apalagi Kalteng sampai saat ini masih dilanda pandemi Covid-19.

“Waspada terhadap kebakaran, khususnya kebakaran lahan dan musibah kabut asap. Covid-19 adalah penyakit yang menyerang pernapasan, ditambah adanya kabut asap, tentu akan memperparah,” ungkapnya, Minggu.

Kardinal mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang hidup akrab dengan lingkungan. Karena diyakini lingkungan yang asri memberi banyak manfaat pada kehidupan.

Ia mengingatkan terkait cara membuka lahan dengan dibakar yang menjadi kearifan lokal pun harus dilihat secara rasional. Harus melihat tujuannya melakukan pembakaran lahan, apakah benar benar untuk membuka lahan pertanian atau tidak.

“Masyarakkat jangan hanya menggaungkan bahwa cara ini adalah kearifan lokal tetapi justru merugikan masyarakat banyak,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru