Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Ancam Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

  • Oleh Naco
  • 08 Maret 2021 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat mengancam akan menanam pohon pisang dan pohon di jalan yang rusak. Salah satunya jalan rusak yang ada di Jalan Kapten Mulyono, Kecamatan MB. Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan sekitarnya. 

Di mana kata anggota Komisi I DPRD Kotim dari Dapil I SP Lumban Gaol menyebutkan masyarakat mengancam akan menanam pohon pisang di tengah jalan dan menebar bibit ikan Lele, jika jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki.

Menurutnya, hampir merata di jalan vital terjadi kerusakan yang sangat parah akibat dilewati oleh kendaraan bermuatan berat.

Tentu hal ini membuat masyarakt geram dan sangat terganggu, terlebih lagi seperti di Jalan Kapten Muloyono, Jalan Pelita dan Jalan HM Arsyad.

Bahkan menurut legislator Demokrat ini, di Jalan Kapten Mulyono sudah memakan korban hingga meninggal dunia akibat ada lobang besar di jalan. 

Sehingga sangat perlu dilakukan perbaikan jalan segera di wilayah tersebut, mengingat jalannya rusak parah bahkan lobang di jalan berukuran besar dan dalam.

"Masyarakat juga mengatakan jika dalam waktu dekat ini lobang besar itu tidak ditambal, mereka akan menanam pohon pisang di jalan dan menebar bibit ikan Lele," tegasnya.

Kondisi tersebut, tentunya juga akan mengganggu kenyamanan dan membahayakan pengguna jalan tersebut. Kecelakaan seringkali terjadi karena pengendara tidak mampu mengontrol dan mengantisipasi jalan yang rusak tersebut, bahkan bisa merengut nyawa pengendara.

Kerusakan jalan juga dapat mempengaruhi laju roda perekonomian. Jalan yang rusak menjadikan arus transportasi barang dan manusia terhambat, juga dapat mengakibatkan biaya operasional kendaraan menjadi bertambah karena kerusakan bagian kendaraan akibat beban dan jalan yang bergelombang dan berlubang.

Di mana secara teknis, kerusakan jalan menunjukkan suatu kondis struktural dan fungsional jalan sudah tidak mampu memberikan pelayanan optimal terhadap lalu lintas yang melintasi jalan tersebut. Kondisi lalu lintas dan jenis kendaraan yang akan melintasi suatu jalan sangat berpengaruh pada desain perencanaan konstruksi dan perkerasan jalan yang dibuat.

Berita Terbaru