Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha Galian C di Cempaga Hulu Mengaku Kerja Sejak 2017 Dapat "Izin Lisan" dari Oknum Pejabat

  • Oleh Naco
  • 16 Maret 2021 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Salah satu pengusaha galian C di Desa Bukit Raya, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur sudah dimintai keterangannya oleh penyidik Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur.

Pemeriksaan ini dilakukan dalam kasus dugaan korupsi pada sektor pertambangan galian C. Aktivitas pertambangan itu diduga dilakukan secara ilegal.

Pengusaha yang diperiksa tersebut RS, yang mengaku kepada penyidik menambang galian C jenis latrit tersebut sejak 2017 silam. 

Dia berani bekerja tanpa mengantongi izin yang sah karena ada "izin lisan" dari oknum pejabat instansi terkait di pemerintah provinsi.

"Makanya nanti kita akan panggil pejabat yang dimaksud RS, benar apa tidak pengakuannya itu," kata salah satu penyidik jaksa, Trio Andi Wijaya, Selasa, 16 Maret 2021.

Kepada mereka kata Kasi Datun tersebut, RS mengakui tidak ada izin resmi. Di mana galian C tersebut dijual kepada masyarakat hingga beberapa perusahaan perkebunan.

Setelah memeriksa RS, masih ada 2 pengusaha lagi yang rencananya sejak Selasa, 16 Maret 2021 yang akan mereka periksa kembali, untuk mengungkap dugaan tindak pidana korupsi dalam perkara itu.

Sementara itu pada Selasa pagi, BU salah satu pemilik lahan galian C di Desa Bukit Raya itu tampak hadir memenuhi panggilan jaksa.

Dia hadir dengan membawa legalitas tanahnya. Dalam surat panggilan itu dia diminta untuk menghadap Kasi Intelijen Kejari Kotim, Artemas Sawong.

"Saya hadir penuhi panggilan jaksa, di suruh bawa ini (surat tanah)," ucap BU.

Bustami saat dibincangi mengaku sebagai salah satu pemilik lahan galian C yang kini digarap oleh Richard tersebut.

"Iya tanah saya yang dikerjakan RS itu," tukasnya.

Sementara itu, RS saat dikonfirmasi terkait pemeriksaan terhadapnya oleh pihak kejaksaan tidak mau menanggapinya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru