Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PEREMPUAN AMAN Barito Timur Bagi-bagi Bingkisan Hasil Kebun

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Maret 2021 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Persekutuan Perempuan Adat Nusantara AMAN atau PEREMPUAN AMAN Kabupaten Barito Timur melakukan pembagian bingkisan berupa hasil usaha berladang atau berkebun ke panti asuhan, pastoran dan susteran yang ada di sekitar Kota Tamiang Layang, Rabu, 17 Maret 2021.

Ketua Harian Daerah PEREMPUAN AMAN Barito Timur, Yeryana menjelaskan, aksi sosial tersebut dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara yang ke 22.

"Dengan aksi sosial ini, kami perempuan adat ingin membuktikan bahwa masyarakat adat tangguh, mandiri pangan dan bertahan hidup di tengah pandemi covid-19 dengan menjalankan cara hidup warisan leluhur, yaitu berladang," ungkap Yeryana di Tamiang Layang.

Menurutnya, selain berladang, di tengah pandemi covid-19 masyarakat adat juga tetap menjalankan nilai-nilai luhur nenek moyang seperti musyawarah adat, gotong royong serta rasa senasib
sepenanggungan.

"Masyarakat adat beserta wilayah adatnya masih bertahan sebagai sentral produksi dan lumbung pangan yang terbukti mampu menyelamatkan masyarakat adat, sesama kelompok masyarakat adat bahkan menyelamatkan bangsa dan negara dari ancaman krisis pangan," papar wanita yang juga menjadi pegiat UKM dengan produk olahan sirih merah ini.


"Masyarakat Adat tidak hanya memiliki kemampuan untuk memenuhi pangannya secara mandiri, tetapi mampu berbagi dengan komunitas-komunitas lain, bahkan ke kota-kota," imbuhnya.


Adapun penyaluran bingkisan dilakukan di empat lokasi yakni Panti Asuhan Kasih Ibu Desa Jaar, panti asuhan di jalan 45 Tamiang Layang, serta pastoran dan susteran di Gereja Santo Mikael Tamiang Layang. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru