Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

P3APPKB Kalteng: Perlu Langkah Bersama Tekan Pernikahan Anak Usia Dini

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Maret 2021 - 12:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan perlu kerjasama berbagai sektor untuk menurunkan angka pernikahan dini di provinsi ini.

“Perkawinan usia anak ini menjadi tugas bersama berbagai pihak baik pemerintah atau masyarakat,” kata Kepala P3APPKB Kalteng, Rian Tangkudung, Kamis, 18 Maret 2021.

Ia mencontohkan seperti masalah faktor ekonomi masyarakat, bisa dibantu Dinas Ekonomi Mikro. Kemudian terkait edukasi dan pemahaman yang masih minim masuk ke ranah Dinas Pendidikan. Begitu juga dengan edukasi kesehatan yang bisa dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

“Jadi tidak bisa hanya di kami saja mengedukasi tetapi bersama sama. Berharap ada juga lintas sektor, karena dari unsur pimpinan mengajak semua bersama-sama menangani ini,” ungkapnya.

Rian menilai kesetaraan gender secara tidak langsung dapat menekan angka penikahan anak usia dini. Karena saat kesetaraan gender membaik membuka kesempatan untuk perempuan.

“Kadang-kadang ini tidak disadari. Kalteng juga saat ini juga masih bermasalah di stunting. Stunting ini salah satu penyebabnya perkawinan anak,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru