Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kompetensi KPM Melalui Aplikasi eHWD

  • Oleh Anthoneal
  • 19 Maret 2021 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan kegiatan advokasi Kader Pembangunan Manusia (KPM), yang berbasis aplikasi e-Human Development Worker (eHDW) tahun 2021.

”Advokasi ini sifatnya mengarah kepada peningkatan kompetensi KPM yang dilakukan secara berkelanjutan, sehingga berdampak langsung ke masyarakat dan jajaran pemerintah desa,” ucap Kepala DPMD Kabupaten Gumas Yulius, Kamis (18/3).

Dia mengatakan, advokasi kader KPM berbasis (eHDW) ini merupakan solusi digital yang mempermudah pemerintah desa dan KPM, dalam pengumpulan data, pemantauan, pencatatan, dan pelaporan.

”Dengan demikian, juga akan lebih mudah dalam menyusun rencana usulan berbagai macam kegiatan di tingkat desa berbasis data riil dan terupdate,” kata Yulius.

Melalui advokasi ini, kata dia, KPM yang bermitra langsung dengan pemerintah desa dapat berkiprah dalam peningkatan kompetensi dalam mengoperasi aplikasi eHDW, yang merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja KPM.

”Nantinya, KPM dalam kegiatan pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan penerimaan rumah tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan, bisa menggunakan aplikasi eHDW ini,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Sri Yuniati menguturkan, advokasi KPM yang berbasis eHDW ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM desa, meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang masalah stunting, mempromosikan pengukuran tinggi badan balita sebagai deteksi dini Stunting.

”Selain itu, advokasi ini juga untuk meningkatkan konvergensi dan koordinasi dalam penanganan stunting, dan meningkatkan alokasi APBDes untuk kegiatan terkait gizi serta penanganan stunting,” ujarnya.

Dia menambahkan, advokasi yang dilaksanakan selama dua hari ini, diikuti oleh 50 orang peserta dari lima kecamatan. Terdiri dari, Kecamatan Kurun 13 orang, Mihing Raya lima orang, Sepang enam orang, Tewah 15 orang, dan Kahayan Hulu Utara 11 orang.

”Untuk narasumbernya yakni Kepala DPMD Kabupaten Gumas Yulius, Kepala Dinas Kesehatan Maria Efianti, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya Fitria Husnatarina, dan Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Yudianto,” tandasnya. (nth)

Berita Terbaru