Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertrasn Sukamara Usulkan Warga Transmigrasi dari Jawa Tengah dan Yogyakarta

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Maret 2021 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Sukamara mengusulkan warga transmigrasi yang akan ditempatkan di SP 1 Pulau Nibung dari Jawa Tengah dan Jogyakarta.

"Untuk daerah asal transmigrasi sesuai yang kita usulkan sama dengan yang sudah ada yakni dari Jawa Tengah dan Jogyakarta," kata Kepala Dinas Naskertrans Sukamara, Evy Andriani, Senin 22 Maret 2021.

Sementara untuk warga lokal, dinas akan mengambil dari desa yang berada di lokasi transmigrasi yakni Pulau Nibung, namun pihaknya akan menambah dari desa sekitar apabila ada kekurangan.

"Transmigrasi yang akan diprogramkan adalah 60 persen berasal dari luar daerah dan sisanya 40 persen berasal dari warga lokal yang lokal ini memang kami prioritaskan bagi desa yang ada kegiatan transmigrasinya," ujarnya.

Evy menambahkan pada 2022 direncakanan akan ada penempatan 90 KK warga transmigrasi di SP 1 Pulau Nibung dan saat ini diminta untuk untuk menyelesaikan SK HPL dan melakukan penjajakan terhadap daerah asal warga yang akan ditempatkan nantinya.

"Kita diminta tahun ini untuk melakukan penjajakan terhadap daerah asal transmigrasi, karena kalau memang di 2022 jadi SDT 90 KK itu maka kita sudah siap daerah asalnya," terangnya. 

Sebelumnya Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan fasilitas untuk warga transmigrasi di SP1 sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu, hanya saja karena adanya kendala beberapa hal membuat warga transmigrasi tidak bisa dimasukan.

"Ini infrastrukturnya sudah ada, hanya orangnya saja belum ada, dan nanti akan dimasukan pada 2022 dengan jumlah 99 kk," jelasnya.

Dia berharap dengan adanya transmigrasi di Desa Pulau Nibung, Kecamatan Jelai kedepannya bisa menjadi pusat penyokong perekonomian di bagian selatan wilayah Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru