Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Kapuas Timur Gelar Pertemuan Pertama Kegiatan PISEW

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Maret 2021 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kecamatan Kapuas Timur menggelar rapat pertemuan perdana terkait kegiatan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun 2021, bertempat di kantor kecamatan setempat pada Senin, 29 Maret 2021.

Camat Kapuas Kapuas Timur, Yan Safriansyah mengatakan Kecamatan Kapuas Timur adalah salah satu dari 7 Kecamatan yang mendapat program PISEW. Ada dua desa yang menjadi sasaran program ini, yaitu Desa Anjir Serapat Barat, dan Desa Anjir Serapat Tengah.

"Dengan adanya 2 desa di Kecamatan Kapuas Timur yang mendapat program ini, maka beberapa waktu yang lalu sudah dibentuk BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) sebagai salah satu syarat untuk menjalankan program PISEW," kata Yan Safriansyah seusai kegiatan.

"Dan hal ini merupakan kali yang pertama Kecamatan Kapuas Timur mendapat program PISEW," lanjut dia.

Dia menyebutkan BKAD yang terbentuk telah mengakomodir kedua desa, terlihat dari komposisi pengurus yang terdiri dari masyarakat dua desa tersebut.

“BKAD dibentuk melalui Musyawarah Desa dari kedua desa yang mengadakan kerjasama sesuai dengan Permendagri Nomor 96 Tahun 2017 tentang kerjasama desa," jelasnya.

Untuk pelaksanaan kerja BKAD nanti di lapangan akan dibantu dan didampingi oleh Fasilitator Masyarakat (FM) yang ditugaskan oleh Kementrian PUPR Republik Indonesia.

Dia berharap antara BKAD dan FM nantinya dapat bekerja sama dengan baik, sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan optimal, dimulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan.

“Insfrastruktur yang diusulkan untuk kegiatan ini, harus benar-benar merupakan kebutuhan dari 2 desa yang bekerjasama. Insfrastruktur guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, berdasarkan potensi atau komoditas unggulan. Pemerintah desa beserta masyarakat desa juga harus mendukung dan membantu agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini para kepala desa setempat, Ketua BPD Anjir Serapat Tengah, Ketua  BPD Serapat Barat, Ketua BKAD beserta Sekertaris dan Bendahara, perwakilan Ketua RT dari Desa Anjir Serapat Barat dan Desa Anjir Serapat Tengah serta perwakilan Tokoh Masyarakat. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru