Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa PPL UPR Diminta Belajar dari Guru SMAN 5 Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Maret 2021 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Pembimbing Lapangan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya atau FKIP UPR, Ima Pinensi Br Tarigan berpesan kepada mahasiswa PPL agar belajar sebaik-baiknya dari guru di SMAN 5 Palangka Raya.

"Melaksanakan PPL di sekolah adalah kesempatan belajar langsung, selain belajar secara teori di bangku kampus," kata Ima dalam penerimaan mahasiswa PPL di SMAN 5 Palangka Raya, Selasa, 30 Maret 2021.

Waktu selama 2 bulan yakni mulai 1 April hingga 28 Mei 2021 harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Para mahasiswa harus belajar menyikapi dan menyesuaikan diri dengan kegiatan pembelajaran agar tetap optimal dalam kondisi pandemi. Tentu berbeda dan ada kendala yang harus diantisipasi dan diselesaikan.

"Kami mohon bimbingan dari sekolah agar dapat membimbing kegiatan praktik pembelajaran agar mereka dapat belajar sebagai para calon guru secara daring. Kami serahkan kepada para guru pamong untuk membimbingnya. Jika mereka melakukan kesalahan atau kekeliruan, kiranya dapat ditegur dan diberikan peringatan. Bila perlu laporkan juga kepada kami agar kami juga dapat lebih memberikan pembinaan untuk kesuksesan mereka," katanya berharap.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya pun tetap menyambut dengan tangan terbuka kegiatan PPL mahasiswa pada semester genap ini meskipun situasinya memang sangat berbeda dengan kondisi normal. Ia mengingatkan agar kegiatan mahasiswa dalam praktik mengajar di bawah bimbingan guru pamong harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu, kegiatan bisa dilangsungkan dari ruang laboratorium komputer secara terbatas atau dari rumah saja.

"Silakan laksanakan sesuai prosedur dengan tetap menjalin komunikasi yang baik. Tetap bekerja dengan baik untuk menjaga nama baik sekolah dan nama baik almamater. Semoga sekolah kami dengan segala keterbatasannya tetap dapat memfasilitasi kegiatan PPL para mahasiswa," tuturnya ramah.

Sementara, Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy turut memberikan saran kepada para mahasiswa peserta PPL. Menurutnya, ada empat hal penting untuk belajar menjadi calon guru yang berhasil, yakni menguasai materi, mengelola kelas, menjaga penampilan, dan percaya diri.

"Para mahasiswa calon guru sebelum melaksanakan praktik mengajar harus benar-benar mempersiapkan diri agar berhasil dalam melaksanakan tugas. Berusahalah semaksimal mungkin untuk menguasai materi pelajaran agar dapat menjelaskan materi yang akan menjadi bahan dalam kegiatan pembelajaran. Kelola kelas yang beragam siswa agar pembelajaran dapat berlangsung dengan tertib. Jagalah penampilan, misalnya dalam kerapian berpakaian," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru