Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lurah Marang Usulkan Septic Tank Komunal untuk Warga

  • Oleh Rokim
  • 04 April 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lurah Marang, Yuliati Ningsih bersama Kasi Ekobang, Sri Wanti dan tokoh masyarakat mendampingi tim fasilitator Sanimas Kementerian Pekerjaan Umum.

Mereka melakukan peninjuan ke RT 02 RW 02 untuk melihat lokasi usulan pembangunan septic tank komunal buat warga yang tinggal di bantaran Sungai Rungan.

Di wilayah ini warga tinggal di daerah yang selalu tergenang air saat musim hujan, sehingga alternatifnya masyarakat harus dibuatkan jamban permanen.

Sri Wanti mengatakan proposal pembuatan toilet komunal diajukan ke Dinas PU Palangka Raya sejak Januari 2021 dan di awal April 2021 ini dilakukan survei oleh tim fasilitator.

"Syarat untuk bisa mengajukan program ini minimal jumlah warganya ada 70 KK. Kami berharap program WC komunal bisa terealisasi untuk warga Marang bawah," tulisanya, Minggu 4 April 2021.

Diketahui, Sanimas adalah program pemberdayaan masyarakat dengan maksud meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas sanitasi, dan kebersihan lingkungan masyarakat, dan melindungi kualitas air tanah dari pencemaran bakteri e-coli dan mengurangi pencemaran badan air.

Program yang dilakukan melalui pembangunan infrastruktur yang dikemas dengan nama Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dari Kementerian PUPR melalui Direktorat Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya bekerja sama dengan Islamic Development Bank (IsDB) ini sudah terlaksana dibeberapa kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru