Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sambut Hari Bumi 2021, PT KTH Bersama OF-UK dan Yayorin Tanam 1.600 Pohon Buah di Areal Koridor Satwa

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 April 2021 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka menyambut hati bumi 2021, sebanyak 1.600 pohon buah - buahan ditanam di areal koridor satwa kawasan Bukit Panjang dan Bukit Harum, PT. Korintiga Hutani (KTH), di Kabupaten Lamandau, pada Senin, 5 April 2021.

Penanaman pohon ini selain dalam rangka hari bumi, juga sebagai tindaklanjut MoU antara PT. KTH dengan Orangutan Fundation UK dan Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin), dalam menjaga kelestarian hutan satwa liar terutama orangutan yang ada di KTH.

Penanaman pohon ini juga dihadiri oleh Presiden Direktur PT. KTH, Abe Hironobu, Manager umum, PT. KTH, Rais Sugito dan puluhan karyawan. Setelah dilakukan penanaman secara simbolis, dilanjutkan dengan penanaman langsung dilokasi.

Manager umum, PT. KTH, Rais Sugito mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian alam. Luasan lahan yang ditanam sebagai koridor satwa ini sekitar 4 haktare. Sehingga menambah luasan wilayah konservasi dan menjadi tempat yang nyaman bagi satwa dilindungi.

"Dengan adanya penanaman di areal koridor Satwa, kita bisa menambah luasan wilayah konservasi dan arapanya bisa menambah daya jelajah Orangutan yang berdiam di Bukit Panjang dan Bukit Harum," kata Rais.

Sedangkan Hendra Gunawan, dari OF-UK mengatakan kolaborasi dalam membuat koridor satwa ini sudah menjadi komitmen bersama dengan PT. KTH untuk konservasi orangutan. Berdasarkan survei yang pernah dilakukan, populasi Orangutan terpecah di beberapa bukit, maka dengan adanya areal koridor ini, Orangutan bisa lebih leluasa untuk berpindah ke bukit satu ke bukit lainnya. Berdasarkan survei dan monitoring ada sekitar 67 individu Orangutan.

"Kami sangat apresiasi atas kepedulian PT. KTH terhadap satwa yang dilindungi, harapan kami kedepan Orangutan tetap bisa berkembang dengan baik, sedangkan perusahaan juga tetap berproduksi dengan lancar, artinya dua - duanya bisa berjalan," kata Hendra disela kegiatan penanaman.

Pada kesempatan tersebut, ia juga berharap apabila ada Orangutan agar tidak diganggu. Apabila ditemukan Orangutan agar bisa menghubungi BKSDA atau OF-UK, untuk penanganan lebih lanjut. Namun selama ini diakuinya dikawasan PT. KTH belum pernah terjadi konflik dengan satwa, apalagi Orangutan merusak tanaman.

Sementara itu, Gusti Wicaksono dari Yayorin menyampaikan dari 1.600 pohon yang ditanam, 80 persen adalah buah - buahan lokal, gunanya untuk ketersediaan pakan Orangutan kelak. Jenis buah yang ditanam ada durian, belimbing, marinjahan, buah mentawa dan lainnya.

Selain penanaman pohon, pihaknya juga bekerjasama melakukan edukasi ke sekolah - sekolah, disekitar lokasi bersama PT. KTH. Tujuannya memberi pemahaman terkait keberadaan Orangutan. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru