Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadisdik Kapuas: Pengawas Sekolah dan Penilik PLS Berperan dalam Kelancaran Pembelajaran Masa Pandemi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 April 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas telah menggelar rapat koordinasi Pengawas TK, SD dan SMP, Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS), dan Pamong Belajar se Kabupaten Kapuas.

Kepala Disdik Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan bahwa pengawas sekolah, Penilik PLS dan pamong belajar memiliki peran yang sangat besar dalam kelancaran proses pengajaran terutama di masa pandemi.

“Prinsip penyelenggaraan pendidikan selama pandemi Covid-19 adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik dan orangtua adalah prioritas utama serta mempertimbangkan tumbuh kembang, dampak psikologis dan pemenuhan hak anak,” kata Suwarno, Selasa 13 April 2021.

Dia menjelaskan tugas pokok pengawas sekolah adalah menyusun program pengawasan sekolah, memantau pelaksanaan delapan standar, menilai administrasi, akademis, fungsional, dan melakukan pengawasan di daerah khusus.

"Daerah khusus dimaksud adalah daerah terpencil, daerah yang mengalami musibah bencana atau berada dalam keadaan darurat, serta mengawasi kinerja guru dalam pembelajaran juga kinerja kepala sekolah dalam mengelola pendidikan,” jelasnya.

Dia menuturkan dengan sudah dilaksanakan rapat koordinasi tersebut juga untuk memantapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan guna mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

"Dimantapkan juga persiapan akreditasi sekolah / madrasah, penetapan angka kredit jabatan fungsional serta percepatan pencapaian program pendidikan hebat Kapuas cerdas," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru