Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Haram, Arak Diproduksi Menggunakan Air Comberan dan Pupuk Urea

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 April 2021 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim gabungan dari pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bersama TNI/Polr, membongkar produsen atau pabrik arak putih, di Jalan Jendral Sudirman Km 10, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit. 

Dari hasil temuan di lapangan, puluhan drum tempat permentasi disita dan yang lebih parah lagi, pengolahan tersebut menggunakan bahan tidak higienis, karena menggunakan air comberan dicampur pupuk organik. 

"Sudah haram, bahan yang digunakan airnya diambil dari comberan. Selain itu juga dicampur pupuk organik," ujar Bupati Kotim, Halikinnor, Kamis 22 April 2021. 

Mengetahui hal ini, dia sangat miris, karena selain arak merupakan minuman memabukkan dan diharamkan oleh agama. Ternyata pembuatannya sangat tidak higienis. Bahkan sangat membahayakan bagi kesehatan. 

"Saya harap bagi yang mengkonsumsi, segeralah berhenti. Coba berpikir lebih bijak lagi, karena arak putih ini tidak ada manfaatnya, bahkan banyak mudaratnya," katanya. 

Dia berharap masyarakat yang sering dan masih mengkonsumsi arak segera berhenti dan bertaubat, karena tidak ada manfaat yang diambil dari mengkonsumsi miras jenis arak putih tersebut. 

"Kalau tidak ada lagi yang mengkonsumsi, maka penjualan juga tidak akan laku. Oleh sebab itu, saya harap masyarakat Kotim berhenti konsumsi miras, jenis apapun," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru