Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenkominfo akan Bangun 4 Menara Pemancar Sinyal Ponsel di Kotin

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 April 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kementerian Komunikasi fan Informatika (Kemenkominfo) akan membangun 4 tower Base Transceiver Station (BTS) guna memperkuat sinyal telepon seluler di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Kotim mendapatkan kuota pembangunan 4 menara BTS melalui program pemerintah pusat untuk mengatasi daerah-daerah blank spot," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim Multazam, Jumat, 23 April 2021. 

Saat ini persiapan demi persiapan terus dilakukan. Hal tersebut sangat disyukuri karena, pemerintah daerah tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Sehingga, kebutuhan jaringan telekomunikasi bisa terpenuhi terutama di desa-desa di daerah ini. 

Pembangunan tower atau menara BTS ini merupakan kerjasama Kemenkominfo dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I).

Adapun 4 lokasi rencana pembangunan menara BTS yakni Desa Jaya Kelapa, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, serta Desa Luwuk Kowan, Tumbang Bajanei, dan Tumbang Mangkup di Kecamatan Telaga Antang.

"Rencananya Oktober 2021 ini sudah bisa melayani masyarakat, terutama kebutuhan sinyal," terang Multazam. 

Pemerataan jangkauan layanan telekomunikasi pemerintah pusat ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah membuka keterisolasian informasi serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan secara online. 

Di Kotim sendiri masih ada 65 desa yang blank spot. Begitu juga sinyal lemah yang terjadi di beberapa desa. Sehingga, perlu ditingkatkan kembali. 

"Secara bertahap, kami akan berupaya maksimal untuk mengurangi areal blank spot," kata Multazam. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru