Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Imunisasi Penting Cegah Penyakit

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 April 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengakui pandemi Covid-19 juga berimbas pada jadwal imunisasi anak. Padahal imunisasi dinilai memiliki peran penting untuk mencegah penyakit.

“Imunisasi merupakan layanan kesehatan yang penting untuk melindungi orang-orang yang rentan dari Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I),” sebut Ketua Satgas Sugianto Sabran melalui Kepala Bagian Kehumasan Satgas Agus Siswadi dalam data rilisnya.

Dengan memberikan imunisasi secara tepat waktu, maka orang-orang ini dan masyarakat dapat tetap terlindungi dan kemungkinan terjadinya wabah PD3I berkurang.

Namun tidak sedikit orang tua yang ragu membawa anaknya ke rumah sakit atau puskesmas untuk melakukan imunisasi karena takut tertular virus Covid-19.

“Prof DR dr Soedjatmiko, SpA (K), Msi Dokter Spesialis Anak/ITAGI menyatakan semua negara mengakui imunisasi aman dan bermanfaat untuk mencegah sakit berat, cacat, dan kematian,” sebutnya.

Oleh karena itu negara-negara berusaha memberikan vaksin gratis kepada rakyatnya, agar bayi, balita, anak, hingga remaja terhindar dari kesakitan dan kematian.

“Penyakit seperti difteri, campak, pneumonia, masih ada dan perlu ditekan penularannya,” sebutnya. Sebelum pandemi Covid-19 banyak bayi yang terancam oleh penyakit tersebut. Sementara di masa pandemi Covid-19 seolah-olah penyakit tersebut berkurang.

“dr. Soedjatmiko mengatakan apabila vaksinasi tidak dilakukan lengkap, terutama bagi bayi-bayi yang lahir sejak 2020 bisa berpotensi ada wabah baru selain Covid-19,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru