Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Layanan di Dinas Dukcapil Palangka Raya Gratis, Masyarakat Diminta Jangan Pakai Calo

  • Oleh Hendri
  • 27 April 2021 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Dukcapil Palangka Raya, H Afendie meminta masyarakat tidak menggunakan jasa calo saat melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

"Supaya tidak menimbulkan biaya pengurusan adminduk, jangan pernah pakai jasa calo. Karena semua layanan di tempat kita tidak dipungut biaya apapun alias gratis," katanya, Selasa, 27 April 2021.

Dia mengatakan, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil merupakan salah satu urusan wajib pemerintah. Dengan adanya dokumen dukcapil masyarakat baru bisa mendapat akses pelayanan lainnya yang diberikan pemerintah.

“Dengan memiliki dokumen dukcapil, masyarakat baru bisa mendapatkan pelayanan lainnya. Seperti pendidikan, kesehatan, BPJS dan bantuan tunai serta perizinan dan sebagainya,” ujarnya.

Afendie menambahkan, pelayanan di era teknologi informasi ini bisa dilakukan dengan cepat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk berurusan dengan data kependudukan.

"Dari Dirjen Dukcapil sudah menegaskan bahwa semua layanan itu gratis. Begitu juga yang kita terapkan di Palangka Raya, tidak perlu pakai calo, semua layanan gratis," tegasnya.

Saat ini masih tersedia 10 ribu keping blanko KTP elektronik.  Warga setempat diharapkan segera mengurus data diri karena pengurusannya cepat dan mudah.

"Percekatan KTP elektronik dengan syarat sudah melakukan perekaman dan lengkap, paling lambat selesai dalam 3 hari kerja," tutupnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru