Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan UMKM di Barito Utara Terkendala Modal dan Pemasaran

  • Oleh Ramadani
  • 03 Mei 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Barito Utara, M Mastur, Senin, 3 Mei 2021 mengatakan daerah ini terdapat banyak pelaku UMKM.

Para pelaku usaha ini menggeluti berbagai potensi usaha yang sangat layak untuk dikembangkan. Namun, dari semua potensi yang ada, pelaku UMKM masih dihadapkan kendala untuk pengembangannya.

Kendala yang dihadapi yakni permodalan, kurangnya inovasi produk, pemasaran, tidak memiliki branding produk yang dijualnya, dan tidak memiliki izin usaha.

Terkait itu itu, pemerintah berupaya untuk melakukan pembinaan seperti peningkatan SDM melalui pelatihan, peningkatan promosi melalui e digital, dan program bantuan wirausaha pemula.

Selain itu, pemerintah juga berupaya dalam pemulihan ekonomi dampak dari pandemi covid-19 dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) program Pemprov Provinsi Kalteng.

“Untuk bantuan langsung tunai (BLT) bagi pelaku UMKM pada tahun 2020 senilai Rp 2,4 juta per orang. Dan tahun 2021 turun menjadi Rp 1,2 juta per pelaku usaha,” kata M Mastur. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru