Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimistis Pencadangan Pangan Bisa Dilakukan Maksimal

  • Oleh Naco
  • 05 Mei 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Bima Santoso mengaku optimistis pencadangan pangan di daerah ini bisa dilakukan secara maksimal. 

Hal ini melihat dari potensi dan optimalisasi yang akan dilakukan terhadap sumber daya alam yang tersedia di daerah.

Bima menyebutkan terkait raperda tentang penyelenggaraan cadangan pangan dan jumlah cadangan beras yang telah disampaikan oleh pemerintah daerah. Bahwasanya perlu memantapkan ketersediaan pangan.

Itu dilakukan kata dia untuk menuju kemandirian pangan dengan melakukan upaya peningkatan produksi pangan dengan cara mengoptimalkan sumber daya alam yang sudah ada.

Menurutnya, dengan semakin tumbuh dan berkembangnya jumlah penduduk di kabupaten Kotawaringin Timur, ketersediaan bahan pangan semakin sedikit khususnya untuk komoditas beras.

"Maka dari itu pemerintah kabupaten wajib untuk menjamin ketersediaan cadangan pangan dan jumlah cadangan beras yang dibutuhkan," katanya, Rabu, 5 Mei 2021.

Mencermati hal tersebut, Fraksi PKB DPRD Kotim, kata dia sudah  menyetujui penetapan untuk cadangan beras pemerintah daerah sebesar 159 ton sebagai penyediaan dan pengelolaan cadangan beras pemerintah kabupaten untuk meningkatkan ketahanan pangan yang berkelanjutan dan sebagai payung hukum dalam melaksanakan peraturan pemerintah.

Selain itu, kata dia pemerintah kabupaten juga dapat memanfaatkan bahan pangan produksi lokal agar lebih banyak diproduksi dari pada harus mengimpor dari daerah lain atau bahkan dari luar negeri.

"Dengan cara membeli langsung kepada petani lokal dan mendorong serta membantu para petani agar dapat memproduksi sendiri cadangan pangan bahkan kedepannya dapat swasembada pangan, itu harus jadi harapan dan target kita," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru