Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rehab Betang Tumbang Gagu Disesalkan Tanpa Melibatkan Para Tokoh

  • Oleh Naco
  • 15 Mei 2021 - 09:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun mengaku terkejut setelah mengetahui adanya rehabilitasi Betang Tumbang Gagu, di Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dia sangat menyesalkan rehabilitasi itu tanpa melibatkan para tokoh, baik itu tokoh adat, budaya, hingga tokoh masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Apa maksud dari rehabilitasi itu, sampai kini kita tidak tahu, harusnya libatkan para tokoh, jangan main rehab begitu saja," kata Rimbun, Sabtu, 15 Mei 2021.

Meski begitu, tokoh adat di Kabupaten Kotawaringin Timur ini menegaskan agar dalam rehabilitasi tersebut jangan sampai menghilangkan apa yang jadi makna dan peninggalan dalam betang tersebut.

Masalah ini kata Rimbun akan jadi perhatian mereka. Dia tidak ingin jika ini jadi permalasahan di kemudian hari pihak-pihak yang merehabilitasi itu jadi lepas tangan.

"Jika memang dilakukan rehabilitasi, kami tekankan agar tetap mempertahankan situs-situ budaya yang ada di situ," ucapnya.

Menurut Rimbun, Pemkab Kotim juga diminta untuk memperhatikan masalah ini, karena sudah banyak para tokoh yang menyampaikan hal tersebut kepada dirinya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru