Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anugerah Pesona Indonesia, Coto Manggala Khas Kobar Raih Peringkat 2 Makanan Tradisional Terpopuler

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Mei 2021 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, kuliner khas Kobar yakni Coto Manggala meraih peringkat 2 makanan tradisional terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API).

Prestasi itu diumumkan pada malam penganugerahan di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis 20, Mei 2021.

Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Pariwisata Kobar yang hadir mewakili Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Nurhidayah.

Terkait penghargaan ini, Nurhidayah menyampaikan apresiasinya atas kerjasama seluruh pihak karena telah berperan aktif dalam mengembangkan dan mempromosikan Coto Manggala.

"Terimakasih atas dukungan dan doa masyarakat Kobar, sehingga kuliner khas daerah kita mampu bersaing dengan daerah lain. Kita berharap melalui Coto Manggala ini banyak komoditas-komoditas lain di Kobar lebih dikenal masyarakat luas," kata Nurhidayah, Jumat, 21 Mei 2021.

Selain itu, dengan diraihnya penghargaan Coto Manggala sebagai makanan tradisional terpopuler versi API diharapkan juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

"Kami terus mendorong program-program di bidang kepariwisataan. Berbagai program dan kegiatan berangsur telah dirasakan oleh masyarakat," ungkapnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah juga menyampaikan rasa syukur dan apresiasi karena setelah melalui jalan yang cukup panjang yaitu sejak 2020, Coto Manggala masuk menjadi nominasi sebagai makanan tradisional terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API).

"Tentu ini menjadi daya tarik Kobar, seperti kota-kota besar di luar Jawa dengan terkenal makanan khasnya. Saat berkunjung ke suatu daerah, biasanya kurang pas kalau belum menikmati makanan khas," tuturnya.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan, yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

API juga bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, industri atau swasta maupun pemerintah dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata, dan masif di daerah masing-masing. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru