Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Targetkan Seluruh Desa Terverifikasi ODF Tahun ini

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Mei 2021 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar rapat percepatan Open Defecation Free (ODF), Jumat, 21 Mei 2021. Apalagi, pemkab menargetkan seluruh terverifikasi ODF atau tidak buang air sembarangan pada tahun ini (2021).

Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah yang memimpin rapat menyampaikan, dalam kegiatan itu membahas upaya membangun komitmen dalam rangka percepatan pencapaian desa ODF guna mewujudkan Kota Sehat.

"Tahun yang lalu (2020) Kobar telah menjadi kabupaten sehat kategori penghargaan Swasti Saba Padapa. Tahun ini kita ingin menaikkan kategori yang middle class jadi Swasti Saba Wiwerda. Salah satu persyaratannya yaitu kita harus mencapai desa ODF," kata Ahmadi.

Ahmadi menjelaskan, untuk memperoleh Swasti Saba Wiwerda, syaratnya harus 80 persen desa di wilayah Kotawaringin Barat itu harus terverifikasi ODF atau tidak buang air besar sembarangan.

"Setidaknya sekitar 23 desa. Per desa ada yang 10 rumah tangga atau bahkan satu rumah tangga yang belum memiliki sanitasi layak atau jamban," tuturnya.

Berdasarkan hasil rapat, diminta kepada Bappeda untuk melakukan pemetaan desa-desa yang harus dibangun jamban.

"Hari ini kita bangun komitmen bersama-sama, agar tadi itu rumah tangga yang belum ODF atau belum miliki jamban ini segera kita bangunkan jamban," tuturnya.

Ahmadi menambahkan, adapun cara membangunnya bisa berkolaborasi dari alokasi dana desa (ADD), pemerintah daerah, swasta, dan lainnya.

"Semoga tahun ini bisa terwujud seluruh desa ODF di Kobar. Semoga semua berjalan lancar. Untuk itu mohon dukungan dari seluruh masyarakat," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru