Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Sakit Bhayangkara Gelar Pemeriksaan Antibodi Covid-19

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 21 Mei 2021 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya menggelar pemeriksaan antibodi covid-19 kepada pejabat utama Polda Kalteng, Jumat 21 Mei 2021.

RS Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya bekerjasama dengan klinik Prodia. Turut hadir Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo bersama Wakilnya Brigjen Pol Oetari Poernamasasi dan Irwasda Kombes Iman Prijantoro.

Dokter Spesialis Patologi Klinik dr Trieva Verawaty Butar mengatakan tujuan dari pemeriksaan Anti Sars-Cov-2 kuantitatif (spike-receptor binding domain/spike-RBD) untuk mengukur titer antibodi terhadap Covid-19 kepada seluruh Pejabat Utama Polda Kalteng.

"Pemeriksaan ini mampu mengevaluasi respons imun seseorang terhadap virus SARS-CoV-2," terangnya.

Ia menjelaskan antibodi dapat terbentuk tidak hanya oleh vaksinasi, tetapi infeksi alami yang juga memicu tubuh membentuk antibodi.

Oleh karena itu selain bermanfaat untuk menilai efektivitas bagi pasien pasca vaksinasi Covid-19, pemeriksaan ini juga bermanfaat untuk pemantauan pada seseorang yang pernah didiagnosis Covid-19.

Selain itu juga sebagai screening sebelum terapi plasma konvalesen untuk melihat seberapa besar titer antibodi yang dimiliki pendonor.

Oleh karena itu pemeriksaan pada umumnya dilakukan 14 hari setelah dosis vaksin terakhir diberikan untuk melihat respon imun, kemudian secara berkala dapat dilakukan setiap 3-6 bulan sekali.

"Untuk para penyintas Covid-19, pemeriksaan ini juga dapat dilakukan secara berkala pada 3-6 bulan sekali. Terakhir, untuk pendonor plasma konvalesen, pemeriksaan ini dapat dilakukan sebelum memberikan donor," pungkasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-6)

Berita Terbaru