Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koramil Kumai Perketat Pengawasan di Pelabuhan Kecil

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Mei 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pascalebaran yang disebabkan pendatang dari luar daerah yang tidak terdata masuk wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Koramil 1014-02/Kumai memperketat pengamanan sejumlah pelabuhan kecil atau pelabuhan tikus.

Danramil 1014-02/Kumai, Kapten Arm Ahmad Zubaidi mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin membantu mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kobar. Salah satunya dengan memperketat pengawasan di pintu masuk Kobar.

"Pelabuhan kecil merupakan jalur alternatif yang biasa dimanfaatkan warga untuk menumpang kapal barang masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat dari luar pulau terutama pasca lebaran ini. Dikhawatirkan mereka tidak membawa surat resmi serta keterangan negatif covid-19 dan rentan terhadap penyebaran virus itu," kata Ahmad Zubaidi, Sabtu, 22 Mei 2021.

Untuk mengantisipasi pemanfaatan pelabuhan kecil sebagai 'Jalur tikus' keluar masuk warga dari dalam dan luar daerah, pihaknya mengetatkan pengamanan dan pengawasan di seluruh pelabuhan kecil yang ada di wilayah Koramil 02/Kumai.

"Kami bekerja sama dengan Polairud Polres Kobar dan Polsek Kumai beserta jajaran dan juga warga sekitar pelabuhan bersama-sama melakukan pengawasan. Agar jangan sampai ada penyusup masuk Kobar," katanya.

Menurut dia, penyekatan jalur keluar masuk di wilayah kepulauan tersebut memang cukup berat, karena ada banyak pelabuhan atau dermaga tambatan kapal barang serta perahu nelayan.

Untuk itu, dia berharap seluruh warga ikut berperan aktif dalam membantu mencegah mobilitas warga melalui pelabuhan-pelabuhan kecil.

"Pengetatan dan penyekatan ini kami lakukan untuk membantu upaya bersama mencegah penyebaran covid-19 yang saat ini jumlah kasus di daerah ini masih saja ada," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru