Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Danramil 1017-03/Delang Beri Arahan Calon Peserta Komcad

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Mei 2021 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Danramil 1017-03/Delang Kapten Inf Sutrisno, memberi arahan kepada para peserta yang mendaftar sebagai calon Komando Cadangan (Komcad), Jumat 28 Mei 2021.

Tercatat hingga saat ini telah ada 14 orang yang mendaftar untuk mengikuti rekrutmen Komcad Matra Darat melalui Koramil Delang. Mereka notabene merupakan pemuda dari desa-desa yang ada di Kecamatan Delang. 

Saat memberi arahan, Danramil 03/Delang Kapten Inf Sutrisno menyampaikan jika calon komcad harus betul-betul menyiapkan diri, semua persyaratan harus dilengkapi, seperti syarat administrasi, kesiapan mental dan juga kesiapan jasmani. 

"Semua harus siap, karena dalam seleksi nantinya tidak ada perbedaan dengan seleksi menjadi prajurit karier, yang berbeda mencolok adalah batasan umur," sebutnya. 

Danramil juga memberi motivasi dan dorongan moril kepada calon peserta komcad, bila mereka lulus menjadi peserta didik nanti mereka akan mendapatkan hak-hak yang sudah ditetapkan.

Merujuk beleid UU PSDN, yang dimaksud Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Dalam Pasal 28 UU PSDN disebutkan, Komponen Cadangan terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah bakal memberikan sejumlah keuntungan bagi warga negara yang bergabung dengan Komponen Cadangan.

Berdasarkan Pasal 36 UU PSDN, warga negara yang mengikuti pelatihan dasar kemiliteran Komcad akan memperoleh keuntungan berupa uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan, dan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Uang saku akan diberikan pemerintah selama peserta menjalani pelatihan.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan tunjangan operasi ketika Komcad mengikuti mobilisasi, termasuk adanya penghargaan. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru